Tuesday, December 29, 2009

Edit kostume PES 2010

Edit kostume pada PES 2010 sama dengan edit kostume PES 2009, dimana untuk kostumenya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian gambar kostume yang ada difile 0_TEXT.AFS dan preview kostume (gambar kecil) yang ada difile E_TEXT.AFS.

Untuk gambar kostume yang ada difile 0_TEXT.AFS, contoh gambarnya seperti dibawah ini,



Dan untuk bagian" dari gambar kostumenya sama percis dengan bagian" gambar dari kostume PES 2009, jadi untuk mengedit gambarnyapun sama percis dengan edit kostume buat PES 2009.


Yang membedakan PES 2010 dan PES 2009 untuk kostumenya adalah pada bagian preview (gambar kecil) kostume yang ada difile E_TEXT.AFS.


Dan contoh gambar kecil kostume dari PES 2010 seperti pada contoh gambar dibawah ini,



Preview dari kostume PES 2010 ini gambarnya tidak seperti preview gambar kostume pada game seri bola KONAMI lainnya, pada PES 2010 untuk preview kostume tampilannya bukan cuma gambar kostume pemainnya saja, tapi previewnya lengkap dengan model jika kostume tersebut dikenakan oleh playernya, dan walaupun gambarnya masih 2D, tapi tampilan gambarnya jika kita lihat seperti gambar 3D (3 dimensi).


Jadi karena perbedaan model gambar inilah, maka tentunya cara mengedit gambarnya juga berbeda jika kita bandingkan dengan edit preview kostume untuk seri bola KONAMI lainnya.


Untuk mempermudah teman" mengedit gambar preview kostume ini, maka sudah saya coba bikinkan gambar siap edit dalam format PSD (format file photoshop), yang mana gambarnya jika kita buka pertama kali diphotoshop seperti dibawah ini,



Pada gambar ini sudah saya pisah"kan bagian dari kostume pemainnya yang terdiri dari :


*

Bagian baju kanan (layer Baju_R)
*

Bagian celana kanan (layer Celana_R)
*

Bagian kaos kaki kanan (layer KKaki_R)
*

Bagian baju kiri (layer Baju_L)
*

Bagian celana kiri (layer Celanan_L)
*

Bagian kaos kaki kiri (layer KKaki_L)
*

Bagian gambar badan keseluruhan (layer Body =>status desaturate)
*

Bagian gambar kostume keseluruhan (layer Kostume Dasar =>status hidden)


Jadi untuk mengedit atau menyesuaikan warna preview kostumenya tinggal kita pilih layer yang ingin kita edit/ubah warna dasarnya dan setelah itu kita rubah warna dasar gambar kostumenya sesuai dengan gambar kostume aslinya dengan cara seperti yang sudah kita bahas pada tutorial yang lalu mengenai cara edit warna dasar kostume pemain.


Umpamanya warna/corak kostumenya setelah selesai kita edit seperti contoh gambar dibawah ini,



Selanjutnya kita bikin gambar kecilnya dengan berpatokan pada warna/corak gambar kostumenya.


Catatan :

Sebaiknya dalam pengeditan gambar kecil ini kita gunakan photoshop versi CS2 keatas, karena kita akan menggunakan fungsi warp yang tidak ada pada versi photoshop sebelumnya.


Buka GbrKecil_PES2010.psd di CS2, dan gambar pertamanya seperti dibawah ini,



Setelah ini kita bisa merubah warna dasar dari preview gambar kostumenya sesuai dengan warna dasar dari kostume yang sudah kita buat.


Seperti pada contoh ini untuk warna dasar kostumenya untuk baju dengan warna biru, sementara celana warna kuning, dan kaos kaki warna orange, maka setelah gambar preview ini saya sesuaikan dengan warna dasarnya, maka akan seperti pada contoh gambar dibawah ini,



Selanjutnya kita copy bagian depan baju yang ada digambar kostumenya.


Pertama-tama aktifkan dulu Rectangular marquee tools, selanjutnya tandai dulu posisi yang akan kita copy seperti pada contoh gambar dibawah ini,



Setelah itu kita copy bagian gambar yang sudah kita tandai (garis putus") dengan menekan CTRL+C atau klik Edit >> Copy.


Setelah itu aktifkan/kembali lagi gambar kecil, kemudian kita paste dengan menekan CTRL+V atau klik Edit >> Paste, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya pastikan tool yang aktif adalah Move Tool dan setelah itu kita rubah ukuran gambar yang sudah kita paste dengan menekan CTRL+T



Selanjutnya tinggal kita rubah ukurannya menyesuaikan besar dari gambar previewnya, dan pada contoh ini setelah ukurannya disesuaikan akan seperti gambar dibawah ini,



Selanjutnya agar gambarnya mengikuti model dari gambar previewnya, maka kita edit gambarnya dengan menggunakan fungsi Warp, dengan cara kllik Edit >> Transform >> Warp, seperti pada contoh gambar dibawah ini



Dan selanjutnya akan seperti gambar dibawah ini,



Setelah itu tinggal kita sesuaikan gambarnya dengan mengklik kotak" kecil seperti gambar diatas kemudian menariknya keposisi yang diinginkan, dan setelah gambarnya disesuaikan, maka pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,



Setelah sudah didapat modelnya, selanjutnya tekan Enter untuk menerapkan perubahannya.


Kemudian pada bagian leher kita perbaiki gambarnya, bisa dengan cara menghapusbagian gambarnya dengan Eraser Tool, dan pada contoh ini setelah gambar pada leher dihapus seperti dibawah ini,



Selanjutnya kita kembali mengcopy lagi pada bagian celana kostumenya dengan terlebih dahulu menandainya seperti cara kita sebelumnya seperti pada contoh gambar dibawah ini,



Selanjutnya kita copy dengan menekan CTRL+C, dan kemudian kita ke gambar kecil lagi dan mempastenya dengan menekan CTRL+V, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,



Selanjutnya kita sesuaikan lagi ukurannya dengan menekan CTRL+T dan merezise ukurannya menyesuaikan posisi dari gambar kecilnya, seperti pada contoh ini setelah gambarnya disesuaikan,



Selanjutnya klik lagi Edit >> Transform >> Warp seperti pada cara kita sebelumnya, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,



Selanjutnya tinggal kita sesuaikan lagi gambarnya mengikuti gambar kecilnya seperti cara kita sebelumnya, dan pada contoh ini setelah gambarnya disesuaikan,



Setelah gambarnya disesuaikan, tinggal kita tekan Enter untuk menerapkan perubahannya.


Dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,



Setelah tidak ada lagi yang akan kita edit, langka selanjutnya tinggal kita index warnanya menjadi 256 color dan menyimpannya dengan format PNG seperti cara" kita pada postingan yang sudah".


Setelah itu gambar"nya yang sudah siap tinggal kita insert masuk difile masing" baik pada file 0_TEXT.AFS maupun di E_TEXT.AFS dengan menggunakan GGS seperti cara kita pada postingan yang sudah".


Selesai.

0 comments: